Archive for Juni, 2011

Surat cinta dari duo Nyonya Gulung… :)

Akhirnya… Ku mendapatkannyaaaaaa…. Surat cinta yg kutunggu2… πŸ™‚
BADGE PERTAMAKU…!!! Seneeeeeeeeng…..

Ini isi surat citanya…

Dear Mb Suzukha,

Kami Duo Nyonya Bolgul mengucapkan terima kasih atas partisipasi Anda menyingsingkan lengan baju dan bersedia rela gulung menggulung untuk ikut serta dalam even kali ini.

Salam Manis,
Nyonya Bolgul
* Diyah & Rita *

Tarrraaaaaa…..!!
Satu lagiiii….
Makasih ya para Nyonyah gulung… πŸ™‚
Iklan

Bolu Gulung Abon

 

Nekat ikutan NCC Bolgul Week.. πŸ™‚

Bismillaaah…
Gara2 mo ikutan bolgul week, jadi semangat n punya nyali untuk bikin bolu gulung…
Biasanya, aq dah keder sebelum berperang, ngebayangin nggulungnya aja dah minder duluan,.. heheheee…
Ini bolu gulung pertamaku..hasilnya belom bisa bener2 rapi…
Ternyata, proses nggulungnya ga seserem yg kubayangkan.. bener kata Bu Guru Fatmah Bahalwan Full, “dipraktekkan, jangan dibayangkan…”
Walopun masih nglentek2 dikit, tapi lumayan laaaah… *menghibur diri*

Ini resepnya pake punya Teh Ricke ‘Bunda Nadhifa’ Indriani, Floss Roll Cake, cuma aq modif dikit aja.. (halah, modif apa.. cuma nambahin saos cabe doang, wkwkwkwkkk…)Β  Makasih ya Teh… πŸ™‚

Bolu Gulung Abon

Bahan:
3 butir telur utuh
3 butir kuning telur
50 gram gula pasir
1/2 sdm cake emulsifier (optional)
1/2 sdm air
50 gram terigu protein sedang/all purpose flour
10 gram susu bubuk
ΒΌ sdt baking powder
65 gram margarine, lelehkan dan dinginkan

Taburan:
1 batang daun bawang iris tipis, ambil bagian daunnya saja (yg hijau)
1 buah cabe merah, buang bijinya dan iris tipis
Wijen secukupnya

Filling: =>campur:
5 sdm mayonaise (munjung)
1/2 sdm susu kental manis
1 sdm saus cabe

Abon ayam secukupnya

Cara:
1. Panaskan oven 200’C. Siapkan loyang persegi ukuran 28x28x3 cm. Alasi loyang dengan kertas roti, olesi dengan margarine/minyak oles loyang. Sisihkan.
2. Campur terigu, susu bubuk dan baking powder, sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, cake emulsifier dan air sampai mengembang, kental, putih dan berjejak. Pastikan kocokan telur sudah kental sempurna agar hasil cake maksimal.
4. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diayak dan dikocok dengan mixer kecepatan paling rendah atau diaduk dengan menggunakan spatula dengan teknik aduk balik. Aduk rata hingga ke bagian pinggiran baskom.
5. Masukkan margarine cair sedikit demi sedikit sambil diaduk balik hingga benar-benar rata dan adonan sudah homogen.
4. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Taburi dengan daun bawang, cabe merah dan wijen.
5. Panggang dalam oven hingga permukaannya berkulit kuning kecoklatan dan sudah tidak lengket bila disentuh, sekitar 15-20 menit. Jangan over bake hingga cake terlalu kering, nanti bisa mudah retak/patah saat digulung. Angkat dan keluarkan dari oven.
6. Keluarkan cake dari loyang dengan cara membalikkan ke atas kertas roti, kelupas kertas roti yang menempel pada cake. Balikkan kembali ke rak kawat. Biarkan hingga dingin. Balikkan kembali ke atas kertas roti. Oles campuran mayonaise, beri abon merata. Gulung sambil dipadatkan dengan bantuan kertas rotinya, kencangkan gulungan agar bulat sempurna. Biarkan tergulung beberapa saat. Buka perlahan kertas rotinya. Potong-potong sesuai selera.

Selamat mencoba… ^.^

 

“Chicken Flos Roll Bun”

“Chicken Flos Roll Bun”
Dari kemaren pengen makan ini…
Pernah makan pas di mall, trus penasaran pernah lihat di album Teh Ricke..
Akhirnya, hari ini bikin dech, walaupun tangan yg habis jatuh pagi tadi msh sakit, tetep semangat…. πŸ™‚

Aq resepnya pake punya Teh Ricke, di sini.. http://www.facebook.com/profile.php?id=100000083482032#!/photo.php?fbid=1264483311914&set=t.100000083482032&type=1&theater.

Abonnya pake 2 macem, pedas n manis…
Kata penduduk rumahku, enak yg pedes… (maklum, darah Minang mengalir deras di sini…) heheheheee…. :p . Besok2 bikin yg rasa rendang, pasti semua suka… wkwkwkwkkk…

Menurutku, rasanya lebih mak nyuss dari yg di mall… *narsis, hihihihiii….* :p

Teh Ricke, ijin copas resepnya yaaa…. Makasiih… πŸ™‚

Bahan:
200 gram terigu protein tinggi/bread flour (Cakra Kembar, aku kemarin pakai tepung ala BT)
50 gram terigu protein sedang/all purpose flour (Segitiga Biru)
6 gram ragi instant (1/2 bungkus)
1/4 sdt bread improver (aku pake Baker’s Bonus) ~ bisa diskip klo ga ada
2 butir kuning telur
100 ml air es ~ penggunaan bisa jadi lebih sedikit tergantung kelembaban terigu yg digunakan, tambahkan sedikit demi sedikit sambil diuleni, hentikan jika sudah dirasa cukup
50 gram margarin
1/4 sdt garam

Topping:
1 butir kuning telur, kocok lepas
2 batang daun bawang, iris halus
Wijen sangrai secukupnya

Filling:
Mayonaise
Chicken floss (abon ayam) ~ Bisa diganti dengan meat floss (abon sapi)

Cara membuat:
1. Campur terigu, ragi instant dan bread improver. Aduk rata. Masukkan telur, aduk rata. Masukkan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni, hentikan penambahan air jika dirasa sudah cukup. Uleni sampai 1/2 kalis.
2. Masukkan margarin dan garam. Uleni terus sampai kalis dan elastis. Permukaan adonan licin dan adonan tidak mudah sobek jika dibeberkan tipis. Tempatkan dalam wadah, tutup dengan plastik atau serbet lembab. Istirahatkan selama 40 menit atau sampai adonan mengembang 2x lipat.
3. Kempiskan adonan, gilas tipis menjadi bentuk kota ukuran 30×30 cm. Tempatkan dalam loyang ukuran 30x30x3 cm (seperti loyang bolu gulung) yang sudah diolesi margarin. Tusuk-tusuk di beberapa tempat dengan menggunakan garpu agar adonan tidak mengangkat saat dipanggang. Istirahatkan lagi selama 15 menit.
4. Olesi permukaannya dengan kuning telur, taburi wijen dan daun bawang. Panggang dalam oven suhu 180’C selama 15 menit. Jika ada api atas, 3 menit terakhir nyalakan api atas agar warna permukaannya kecoklatan. Jika menggunakan oven tangkring, taruh loyang di rak paling atas.
5. Keluarkan dari oven. Siapkan kertas roti dg ukuran lebih besar dari loyang, balik roti diatas kertas roti. Oles dengan mayonaise, beri abon. Gulung perlahan sambil dipadatkan (gunakan kertas roti sebagai alas tangan saat menggulung). Diamkan sebentar. Potong menjadi 5 bagian. Olesi masing-masing ujungnya dengan mayonaise dan beri abon.

=> satu resep ini jadi 2 gulung, satu gulung aq potong kecil2, jadi 8 potong… πŸ™‚

Ayo bikin…
Selamat mencoba… ^.^