Archive for April, 2011

My first BC transfer….Ahi..hi..hiii….. :p

Alhamdulillah…. 🙂
I did it…..!! ^.^
My first BC transfer….Ahi..hi..hiii.

…. :p
Akhirnyaaaaaa….. Berhasil mengerjakan tantangan ini….
Ini pesenan dari seniorku di kantor,… Hwaaah… sempat bingung, minta B’D cake tema BERNARD BEAR n ga mau fondant,… huhuhuuuu…. pusing tujuh keliling, tapi pe de ajaaa… aq terima dengan riang gembira…. 🙂
Di sela hari2 yg padat kegiatan, sempatin bikin ini,.. Tadi malam googling2,.. puter2 otak, akhirnyaaaa….. CLING…!! muncul ide di kepalaku… 🙂
Pake BC transfer ajaaa…. *nekat*Base cakenya pake BF nya NCC 3 layer cake.
BF cake, siram simple syrup, oles BC, tabur cherry hitam, oles bc, Cake ke 2, siram simple syrup, oles BC, tabur cherry merah, oles BC, cake ke 3, siram symple syrup, oles BC, rapikan n hias… 🙂
sekeliling bernard aq kasih WCC serut, pagarnya pake WCC yg aq warnain biru…
Deg deg an n gemeter pas ngerjain BC transfernya,… Ini yg pertama, n bondo nekat…. Ingat pernah baca step by stepnya di NCC,… (ini linknya : http://www.ncc-indonesia.com/detail.php?aid=449, Teknik Frozen BC Transfer By Fatmah Bahalwan )… Makasih Bunda Fatmah Bahalwan Full,.. 🙂 *peluuuuuk*..
Pas ngeluarin dari freezer, deg degan banget,… takut belepotan n terjadi hal2 yg tak diinginkan,,, hehehehee….
Tapi pas lihat hasilnyaaaa…. Alhamdulillah…. PUAS…! *narsis, hihihiii..* Biarin ah, daripada minder…. :p

Maaf pictnya kabur geje,… aq foto sesaat sebelum aq anter cakenyaa…
Hiks,.. rasanya ga rela berpisah ma Bernardku….
Tapi apa daya,… Yg pesan sudah menunggu…. Akhirnya, dengan berat hati aq melepasnyaa….. *lebay lagi..* :p

Makasih ya San Kenti,.. smoga berkenan … 🙂

Iklan

“Puding Kapas Buah Buat Ayah”

Hari ini kami sedikit buat sesuatu untuk Ayah…
Happy B’D, Ayah sayang…
Semoga Allah selalu sayang Ayah….
We Love U….
…..Peluk beruaaaaaaaaaaaaang…. ^.^

Love,.. Nabilah n Bunda..

“Puding Kapas Buah”
Khusus buat customer tercintaku…

Terinspirasi Pudding Busa Jeruk Tuty Fruity nya Bunda Nadh,…

Bingung mo bikin apa buat Ayah B’D…
Ayah ga suka yg eneg2,.. Untung kemaren Bunda Nadh posting puding,… langsung intip dech… Hehehehe… Tq ya Bund,.. 🙂

Lapisan pertama aq pake orange spong cakenya Bunda Nadh juga, trus aq taburin anggur n buah naga, lapisan kedua puding kapas vanilla, trus sponge cake lagi, diatasnya baru aq susun jeruk kalengan, anggur n buah naga, trus aq siram agar2 bening rasa jeruk…
Puding kapasnya sengaja pake rasa vanilla biar ada variasi rasa, soalnya Duo Mbah kami ga terlalu suka acem.. :p

Rasanya gimana belum tau,… hhehehee… soalnya kami dah kekenyangan pizza home made,…
Tapi kayaknya suuuueger,.. dingiiin,… Habis ini kami potong dech, biar pizzanya melorot dulu… 😀

Ada yg mauuu…? ^.^

Ini pizzanya…. 🙂

::Puding Kapas Pandan::

Sebenernya ga sengaja bikin puding ini… Ini hasil kecelakaan yg membawa berkah… heheheee… Gara2 putih telur yg mo aq bikin chiffon pas dikocok ngambek, ga mau naik, apalagi kaku… 😦 ternyata, setelah aq selidiki, dan tanya sana sini, gara2nya ada kuning telur yg tercampur,.. Ufftt… ngulang dech…
Tapi gpp,.. untung aq masih agak pinteerr,,, *glonthaaaang* hihihiii… Jadilah si putel ngambek jadi puding yg mak nyuuuusss… :p

Resepnya asli ngawur, wkwkwkwkk….
Kalo ada yg mau ikut kesesatanku, monggo… 🙂
Ini resepnya yaaa..

Bahan:
300 ml putel kira2 dari 9 butir telur
150 gr gula pasir
1/2 sdt garam halus
1 sdt air jeruk nipis
1 bungkus agar2
600 cc air  , 1 sdt pasta pandan

Caranya,..
1. Kocok putel, gula, garam n air jeruk nipis, sampai kaku.
2. Didihkan air,agar2 dan pasta pandan, lalu masukkan kocokan putel, aduk terus, sampai mendidih.
3. Angkat, tuang dalam cetakan, dinginkan di kulkas, siap dihidangkan…

Selamat mencoba… ^.^

::Choux Pastry (kue sus)::

Ini salah satu kue favorite keluargaku… Aq mulai bisa bikin sus sejak masih SD, tapi dulu aq ga kenal yg namanya “choux pastry”.. taunya kue sus…. hehhee… Biasanya aq pake resep Ibuku,.. Tapi kali ini pengen nyoba yg lain,.. aq pake resepnya NCC..
Ini resepnya yaaa… 🙂

Adonan Dasar Kulit Sus

Bahan:
200 ml air
125 gr Margarine
1 sdm gula pasir
150 gr tepung terigu
4 btr telur

Cara membuatnya:

1. Masak air, mentega dan gula hingga mendidih.
2. Masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga kalis, angkat, dinginkan.
3. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
4. Masukkan adonan kedalam plastic segitiga, semprotkan diatas loyang yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung.

Vla Vanilla

Bahan:
2 btr kuning telur
50 gr tepung Maizena
500 ml susu segar
75 gr gula pasir
1 sdm rhum (optional, Aq ga pake)

Cara membuat:

1. Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, kocok lepas kuning telur, satukan. Sisihkan.
2. Didihkan susu dan gula pasir sambil diaduk hingga gula larut. Tuang larutan tepung maizena, aduk cepat dan rata, biarkan mendidih sekali lagi.

Atasnya aq pakein dcc leleh… mmmmm.. jadi lebih mak nyusssooon… 😀

Selamat mencobaaa… ^.^

::Green Tea Chiffon Cake::

I did it….!! ^.^
Dah lama pengen bikin chiffon.. baru kesampaian..
aq pake resep chiffonnya NCC,.. tapi pandannya aq ganti green tea bubuk.. *lagi2 green tea, i like green tea..* hehehe… Hasilnya lembyuuuuuuttt…. maknyuus… 🙂
Ini resepnya yaaaa….

Adonan Pasta

50 g Gula pasir
20 g Susu bubuk full cream
20 g Tepung maizena
140 g Tepung terigu
1 sdt BPDA
100 ml minyak sayur
100 ml santan sedang
140 g kuning telur
1 sdt pasta pandan

Adonan Putih Telur

300 ml Putih telur
150 gr Gula pasir
½ sdt Garam halus
1 sdt Cream of tartar (optional)

Cara Membuat:

1. Panaskan oven 150 derajat Celsius.
2. Adonan pasta: Campur gula pasir, susu bubuk, tepung maizena , tepung terigu, dan BPDA. Lubangi tengahnya. Tuang telur di tengah, aduk searah dari arah dalam menggunakan whisk, sambil dituangi minyak sayur dan santan. Aduk hingga menjadi adonan pasta halus. Masukkan pasta pandan, aduk rata.
3. Adonan putih telur: Kocok putih telur, gula pasir, garam dan cream of tartar (jika pakai) hingga puncak tumpul (soft peak).
4. Campurkan adonan putih telur ke dalam adonan pasta, aduk perlahan dengan whisk hingga rata.
5. Tuang ke dalam loyang chiffon diameter bawah 20 cm tanpa dioles apa-apa. Panggang kurang lebih 90 menit hingga kue matang dan kokoh (jika ditekan permukaannya kembali membal).
6. Keluarkan kue. Panas-panas, balikkan loyang, bisa disangga botol atau disangga kaki-kaki loyang. Biarkan dalam keadaan terbalik hingga dingin.
7. Jalankan pisau tipis di sekeliling loyang dengan gerakan lurus. Juga di dasar kue.
8. Lepaskan bagian tengah kue dengan menggunakan tusuk sate. Balik kue ke atas rak kawat atau langsung ke piring saji. Potong-potong menggunakan pisau gergaji.

Selamat mencoba.. ^.^

::Lapis Surabaya Green Tea::

Postingan telat lagiiii…. :p
Lebih baik telat ya daripada nggak sama sekali, ya nggak… ya nggak… hehehehee…
Ini dah lama banget, mo updet blog ga sempet2,.. Makluuum… sibuuuuk… hihihiiii… 😀
Aq pake resepnya Mbak R (Rachmah Setyawati),http://zodiakkaspo.multiply.com/recipes/item/40/Lapis_Surabaya_Indonesian_Traditional_Food_
Tapi aq bikin 1/3 resep… Mbayangin telor 3 butir, ga kuaaat… 😀 hehehee….

Ini resepnya yaaa…
Bahan:
30 butir kuning telur
6 putih telur
300 gr gula pasir
20 gr emulsifier
160gr tepung terigu
30 gr susu bubuk full cream
25 gr tepung maizena
300 gr mentega, cairkan
1 sdm coklat pasta/20 gr coklat bubuk (aq ganti 1/2 sdm bubuk green tea, untuk 1/3 resep)
Vanilla essence
250 gr selai nanas (aq pake selai marmalade botol kecil).

Caranya:
1. Kocok speed tinggi telur & gula, hingga gula larut. Masukkan emulsifier, kocok bentar, pindahkan ke speed lambat, masukkan bahan kering, kocok kembali dgn speed tinggi hingga adonan kental, berjejak.

2. Matikan mixer, beri adonan sedikit pewarna kuning telur (bila suka). Aduk rata, beri rhum/essence, aduk rata.

3. Masukkan mentega cair, aduk rata. Bagi adonan 3 bagian, beri satu bagian adonan dgn pasta coklat. Tuang dalam loyang bersemir margarin beralas kertas roti. Oven suhu sekitar 160 derajat celcius selama 25-30 menit / hingga matang.

4. Jika sudah matang, angkat, segera balik kue dari loyang, dinginkan.

5. Setelah dingin, perciki setiap lapisan cake yg akan dipoles selai dgn rhum black forest (jika suka/ bisa juga dgn larutan air gula), barulah poles masing2 lapisan dengan selai nanas. Tangkupkan ketiganya. Kikis pinggiran cake jika diperlukan, agar cake terlihat cantik.

Untuk resep penuh, pake loyang ukuran 24x24x4 cm…
Kalo mo bikin 1/3 resep, bagi sendiri yaaaa… 🙂

Ini atasnya aq siram dcc leleh, trus aq dekor ngarang2 kayak pict diatas… Motongnya ga bisa rapi yaa… salah tekhnik,.. pisonya aq celup di air panas dulu… jadi coklatnya meleleh,.. ternyata setelah aq tanya ke Mbak R, pisonya ga usah dipanasin dul… hehehehee… dasar aqnya sok tau banget… 😀

Selamat mencoba… ^.^
Hasilnya empuuuuuk… rasa greenteanya suuip…
Maturnuwun resepnya ya Mbak R… 😀

“Vanilla Sponge Cake”….


Cake dadakan sore ini, requestnya Little Honey yg lagi sakit gigi…. 🙂
Aq pilih cake ini karena rasanya yg ga terlalu manis, jadinya lumayan aman buat gigi bolong..
Yg ini aq toping pake bc, biar cantik kalo di poto, hehehehee… Yg dimakan ga pake hiasan apa2, polosan aja,… 🙂

Resepnya aq pake resep SPONGE CAKE DASAR dari buku Cake Anti Gagalnya NCC, Aq bikin setengah resep, cuma aq tambahin 1/2 sdt esence vanilla,..
Ini resepnya,..

Bahan :
8 butir telur utuh
200 gr gula pasir
225 gram terigu protein sedang
1 sdm cake emulsifier
100 gr margarin, lelehkan.
1 sdm esence vanilla.

CARA:
1. kocok telur dan gula sampai naik, masukkan cake emulsifier, kocok terus hingga kental berjejak.
2. Tuang tepung terigu sambil diayak secara bertahap, aduk rata.
3. masukan margarin cair, aduk rata.
4. masukkan esence vanilla, aduk rata.
5. Tuang kedalam loyang cincin diameter 24 – 26 cm, (aq pake paper cup, n loyang loaf 24 cm).
panggang dgn suhu kira2 160 derajat celcius hingga matang, lakukan tes tusuk dgn lidi bersih. bila sudah nampak kuning kecoklatan, dan kalis, angkat.
5. dinginkan, bisa dihias sesuka hati…

:Selamat Mencoba…^.^:

Cake ini yg biasanya buat basic cakenya BF…
Empuuuuuuuuukk….. 🙂