Archive for Januari, 2011

::Black Sticky Rice Banana Cake::

::Cake Pisang Ketan Hitam::

Cake ini aq buat dalam rangka ajang LBT (Let’s Bake Together) di FB… Kebetulan tema LBT#1 Banana Cake, pas punya tepung ketan hitam, akhirnya googling2 dapat dech resep yg pas… 🙂

LBT 83. Sizukha Candra
LBT#1 Banana Cake

::Cake Pisang Ketan Hitam::

Bahasa kerennya ::Black Sticky Rice Banana Cake::
Resepnya aq pake resep Mommy Dea http://mommydea.multiply.com/recipes/item/3/Cake_Pisang_Ketan_Hitam , katanya beliau dari “Tabloid Saji”,
tapi sudah aq modifikasi, aq tambahin ini dan itu… 😀

Bahan A:
200 gr mentega
120 gr gula castor

Bahan B:
5 butir telur utuh (bila besar2 boleh pake 4 )

Bahan C:
400 gr pisang ambon yg sudah matang benar, diblender hingga halus.
3 sdm susu kental manis
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
_________semua bahan dicampur rata.

Bahan D:
15o gr tepung ketan hitam
125 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder double acting (kalo ga ada, pake BP biasa gpp, 1 sdt)

Bahan Taburan:
50 gr mentega
100 gr tepung terigu
5 sdt gula castor
_______Semua bahan dicampur dengan tangan hingga berbutir2.

Cara:
1. Panaskan oven dg suhu 160 derajat celcius.
2. Kocok bahan A hingga pucat.
3. Masukkan bahan B satu parsatu sambil dikocok hingga tercampur rata dan mengembang. (pada tahap ini, adonan akan terlihat pecah, tapi ini normal).
4. Masukkan bahan C sambil diaduk dg spatulla hingga rata.
5. Masukkan bahan D sambil diayak, aduk balik hingga rata benar.
6. Tuang adonan ke loyang ukuran 23x23x4 cm yg sudah dioles mentega dan dialasi kertas roti.
7. Taburi dengan bahan taburan hingga seluruh permukaan tertutup rata.
8. Panggang dgn suhu 160 derajat celcius kira2 3o mnt, atau bisa ditest tusuk dengan lidi bersih…
9. Setelah matang, angkat, sajikan…

“Selamat Mencoba….” ^.^

Catatan:
Cake ini lembuuuut banget, aroma menteganya kuat, mungkin dari bahan taburan.. Ketan hitamnya bikin cake ini lembuuut banget.
Bahan taburannya renyah, paduan yg sempurna (menurutku) dengan cakenya yg lembut bgt, rasa pisangnya juga kuat, jadi, bagi penggila pisang sepertiku, cake ini mmg ‘MAKNYUSSS’…. 😀

Bila cakenya ga habis besoknya, dan ga mau makan dalam keadaan dingin (kaya my lovely Ayah.. 😀 ), potong2 cakenya, oles dg mentega tipis2 samping2nya, panggang kira2 5 sampai 10 mnt, hidangkan panas2, mmmmmmm…… rasanya jadi garing diluar dan lembut didalam,… (agak2 mirip roti yg di pizzaHUT, tapi ini manis…) …
Pokoknya wajib dicoba…. ehehehhehehe *promosi*… 🙂

Iklan

::Pisang Bolen:: (lagi)

Pisang bolen ke-2 ku yang penuh tragedi…
Ceritanya, pada suatu hari…(halah… :p ), aq semangat bgt bikin kulit puff pastry, dah ngulen, nggilas, pat pat gulipat, di iringi rengekan seorang anak kecil yg minta pergi jalan2… hehehehee…. 😀
Akhirnya di lipatan terakhir, karna dah gak tahan rengekan yg smakin menjadi2, si adonan aq masukin kulkas, tanpa digilas tipis… Dan, menginaplah si adonan di kulkas sehari semalam,.. Nah, pulang kerja besoknya, aq semangat bgt mo bikin sesuatu dari si adonan,.. aq keluarin dari kulkas, dah aq angin2kan sampe suhunya normal, trus,… Dhhiiiieng……!!! Pas tak gilas, dia pecah… retak2 dari segala penjuru mata angin…. Hwaaaaaa…… 😥 Nangis bombay dech aq…
Akhirnya aq tambal sana sini pake tepung terigu,… lanjut menggilas tipis dengan sangat hati2 seeeeeekali…
Kalo dah gini, dah ga mungkin di buat apa2 kecuali pisbol, soalnya, layernya pasti bakalan ga bagus… terpaksa, satu resep aq bikin pisbol semua,… Jadinya enak, gurih, kering, dan layernya muncul ternyata… 😀
Seneeeeeng… 😀

Resepnya gabungan antara punya Mbak Yunita http://www.pawonomah.tk/2010/06/puff-pastry.html

n’ Mbak Rini http://www.facebook.com/profile.php?id=100000083482032#!/photo.php?fbid=159991070689046&set=t.100000083482032.. aq modif ngarang2… 😀

sambil berguru di YouTube http://www.youtube.com/watch?v=x9sE0cisM58&playnext=1&list=PL59C8FC1201F5D193&index=20 cara menggilas n melipatnya,… 🙂

Bahan:
450 gr tepung terigu protein tinggi (cakra).
2 sdm gula pasir halus (castor).
1 sdt garam
2 kuning telur
75 gr margarin
175 cc air es
350 gr korsvet

Isian (ukuran bahan isian bisa disesuaikan menurut selera masing2 yaaaa…):

8 buah Pisang raja matang, potong jadi 3 potongan, lalu masing2 dibelah 2.
50  gr keju cheddar, iris tipis, ketebalan kira2 1/2 cm, masing2 potong menjadi 2, (mudheng ga sich, hehehehe… pokoknya, motong kejunya di sesuaikan selera yaaa…. 🙂  )
coklat meyses secukupnya.
gula pasir secukupnya.

Olesan:
1 kuning telur
2 sdm air __________ aduk rata.

Cara:
1. Campur tepung, gula, garam, aduk rata.
2. masukkan telur dan air sedikit2. sambil diuleni sampai gerindil2.
3. Masukkan margarin, uleni sampai kalis.
4. Bungkus dengan plastik masukkan dalam kulkas kurleb 15 mnt.
5. Ambil korsvet, tempatkan di baskom, tumbuk menggunakan ujung rolling pin yg dibungkus plastik.(pake “muntu” juga bsa, jgn lupa, muntunya dibungkus plastik). tujuan menumbuk korsvet, biar korsvet lembut, dan mudah d gilas. setelah lembut, bentuk kembali korsvet menjadi kotak.
6. Keluarkan adonan, gilas persegi panjang, kira2 setebal 1 cm, letakkan bongkahan korsvet ditengah, lipat adonan bentuk amplop. (bag atas ke bawah, kanan ke kiri, bawah keatas, kiri ke kanan) hingga korsvet terbungkus.
7. gilas adonan hingga ketebalan 1 cm, bentuk persegi panjang.
8. lipat menjadi 3 bagian, lipatan tumpuk.. sehingga sisi kiri dan kanan saling bertumpuk, masukkan kulkas 5 mnt.
9. gilas kembali, lipat lagi seperti diatas, sampai kira2 3 sampa 4 kali lipatan. terakhir masukkan kulkas 15 mnt.
10. gilas tipis adonan, potong kotak ukuran 10 x 10 cm.
11. isi dengan potongan pisang, potongan keju, 2 sdt coklat meyses, 1 sdt gula pasir, lipat atas kebawah, bawah ke atas,lalu kanan kirinya.
12. susun diloyang yg sudah di oles margarin tipis.
13. olesi permukaan bolen denga campuran air dan kuning telur.
14. Panaskan oven suhu 190 derajat celcius.
15. panggang kira2 50 menit, sampai kelihatan kuning kecoklatan. saat pemanggangan berlangsung, buang lelehan corsvet dari loyang, agar hasilnya renyah.

“Selamat mencoba…” ^.^

::Cake Pisang Keju::

Tarrraaaa…!!
Ini nich yang hampir bikin aq ketiduran di depan oven,…
Cake Pisang Keju… 😀 

08012011
Baru bangun nich, setelah bobo seharian,.. Perjalanan kemaren bener2 meremukkan badan, tapi menyenangkan dan seru… 🙂
Cake pisang keju ini aq bawa buat bekal kemaren..

Yg minta resepnya cake pisang ini, ini yaaaa… Sebenernya sama ma cake pisang yg dah pernah aq posting dulu, cuma aq tambah keju cheddar parut aja…

Bahan A:
5 butir telur
175 gr gula pasir

Bahan B:
175 gr tepung terigu segitiga biru
25gr tepung maizena
1 sdt baking powder

Bahan C:
300gr pisang ambon yang sudah matang (aq pake Cavendish), haluskan (di blender).
2-3 sdm susu kental manis
1 buah jeruk nipis, peras airnya

Bahan D:
200 gr margarine, cairkan.

Bahan E:
50 gr keju cheddar parut

Toping:
25 gr keju cheddar

Cara pembuatan:
1. Panaskan oven 170 derajat celcius.
2 .Campur semua bahan C, sisihkan.
3. Kocok bahan A sampai kental berjejak.(kental bgt sampai kalau diaduk masih membekas jejaknya).
4. Masukkan campuran bahan B, sambil diayak. aduk sampai benar2 rata dengan spatula.
5. Masukkan bahan C, aduk rata.
6. Masukkan bahan D. aduk balik sampai benar2 rata. (Karena kalau tidak tercampur rata kue bantat).
7. Masukkan bahan E, aduk rata.
8. Masukkan adonan ke loyang 24cm x24cm atau loyang 10cm x30cm 2 buah yang sudah dioles mentega dan ditaburi tepung dan dialasi kertas roti.
9. Beri toping parutan keju cheddar.
10. Oven selama 40 mnt or sampai matang dengan suhu 170 derajat celcius.
11. Lakukan test tusuk… kalo sudah kalis, angkat, dinginkan.

“Selamat Mencoba….” ^.^

Maaf, ga sempat bikin foto cantiknya,.. 🙂

:: Brownies Kukus Coklat Strawberry ::

Karya pertamaku di 2011,….
:: Brownies Kukus Coklat Strawberry ::
01 01 2011……
Rencana hari ini mau ke Malang, tapi dari pagi cuaca ga mendukung, hujaaaaaaaaan….
Dan dapat kabar dari teman, jalan arah Malang maceeeeeeettt.. Ceeett ceeeettt…. Akhirnya ga jadi dech,… 

Bikin sesuatu aja yuuuuk..
Request Nabilah, brownies basah, hehehehee…. Dia selalu menyebut brownies kukus dgn ‘brownies basah’…
Akhirnya, jadilah ini… Brownies Kukus Coklat Stawberry,…
Brownies kukusnya pake resepnya NCC, atasnya aq cover pake lelehan DCC n aq toping parutan coklat rasa strawberry…
Coklatnya belum sempat keras, browniesnya dah aq potong2,… Langsung disantap kru2 kesayanganku… Pas, dingin2, makan brownies anget2, dgn lelehan dcc yg lumer di mulut…. Nyyyuuuummm…..
Mari makaaaaaaaaaan….. ^_*

Resepnya :

Bahan A:
12 btr telur
450 gr gula pasir
20 gr emulsifier misal SP, Ovalet,Tbm
1 sdt garam(aq pake 1/4 sdt, takut keasinan)

Bahan B:
75 gr coklat bubuk
300 gr tepung terigu
1 sdt vanilli

Bahan C:
300 gr mentega/margarine
200 gr dark cooking chocolate
1 sdm pasta coklat black forest
kecuali pasta, di tim.

Bahan filling :
250 gr coklat meisyes

Cara membuat:

1. Siapkan loyang kotak ukuran 26x26x8cm, poles mentega dan alasi kertas, poles lagi
2. Kocok bahan A sampai kental, masukkan bahan B sambil diayak, lalu tuang bahan C, aduk hingga rata benar. Bagi menjadi 3 bagian sama rata.
3. Tuang satu bagian adonan kedalam loyang, kukus selama lk. 10 menit.
4. Buka kukusan, taburi 1/2 bagian mesis, tuang lagi satu bagian adonan, kukus lagi.
5. Lakukan sampai adonan habis. Kukus sampai matang (kira2 20 mnt). Angkat, dinginkan..
“Selamat Mencoba”…. 🙂