Archive for Maret, 2010

:) Rendang Jengkol :)

Ini dia makanan kesukaan Hubby…..

“J E N G K O L”…..!!

Wakakakaka… 😀

Katanya,.. klo makan jengkol bisa bikin cepet kaya, karena bisa ngirit uang buat beli penyegar mulut..

(Kan jengkol mengandung penyegar mulut alami yg aromanya begitu ‘menggoda’.. :p ).

Klo ada jengkol, dimasak apapun, hmmm… makannya jadi nambah2… Ngabis2in beras.. heheheheheehe…

Tapi, Hubby paling seneng klo si jengkol direndang…

Klo ada yg pengen penyegar mulut alami juga :),… nich aku punya resep bikin RENDANG JENGKOL..

Resepnya dari Mbah Uti… 😀

Karna seluruh dunia tau kalo aku ga bisa masak, jadi ga mungkin bisa nulis resep yg ‘original aku’…. kekekekekeke….

Kita mulai ya….

…….”RENDANG JENGKOL”……

Bahan:

* Jengkol tua 1/4 kg.

* 1 ltr santan kelapa dari 1/2 butir kelapa (kelapanya harus yg tua).

* 2 sendok makan abu. (untuk merebus jengkol, kata orang biar ga keracunan. Tapi hubungannya dimana, maaf,  aku   ga tau… Hihihihiihi… 😀  ).

Bumbu-bumbu:

1. Yang dihaluskan:

* Bawang merah 8 butir.

* Bawang putih 8 siung.

* Jahe 1/2 ons.

* Lengkuas 1/2 ons.

* Kunyit 1 batang ( kira2 sepanjang jari telunjuk).

* Ketumbar 1 sendok makan.

* Merica 10 biji (aja).

* Cabe keriting 1/2 ons.

* Garam secukupnya.

2.Tidak dihaluskan:

* Sere 3 batang, memarkan.

* Daun jeruk 5 lembar.

* Asam kandis 2 potong.

* Kapulaga 3 biji.

* Kayu manis 1 batang kecil.

* Daun kunyit 2 lembar.

Cara memasak:

1. Rebus jengkol dengan abu sampai empuk.. (aku tanya Mbah Uti, berapa lama, katanya ya sampe empuk *ngeyel.com 😀 ).

2. Cuci jengkol, lalu kupas.

3. Pisahkan kepingannya, lalu pukul2 sampe gepeng (jangan hancur, nnti malah jadi ‘bubur jengkol’  kekkekekke).

4. Tumis semua bumbu sampe harum, masukkan jengkol dan santan.

5. Aduk terus sampai santan kering.

6. Jadilah rendang jengkol 🙂 .

NB: Resep ala Mbah Uti, takaran hanya kira2. Kalo ada temen2 yg punya resep yg lebih ok,.. boleh kasih saran…

Tapi yg ini sudah cukup ‘MAK NYUSS’ (menurut Ayah.. hehehehehe…).

Maaf, fotonya ga ‘cling’…

Aku motretnya sore, mendung, pake camera HP. (hiks… 😥 pengen camera ‘beneran’ blom kebeli. Doakan cpt kebeli ya…. *melazz.com).

Semoga bermanfaat…… 🙂

Iklan

Bismillah……

Bismillah….

Semoga semua yg ku tulis di blog ini bisa bermanfaat untuk semua….

Maaf, isinya masih sangat terbatas.

Mohon teman2 semua sudi ngasih saran, masukan, ide, uang saku *jiaahh… ngelunjak…*..  🙂

Comment ya… ^.^

Semoga bermanfaat…..  🙂

Trimakasih…….

Dulu, aku berangan2,.. Kapan ya.. Bisa punya Blog sendiri….?
Dimana aq bisa berbagi cerita… Tawa dan canda… Sedih dan duka lara… *weks… Lebay…
Hihihihihihi…..
Sampai aku kenal seorang teman…
Dia penanam saham paling banyak di Blog ini… (Wakakakaka… Serasa lagi meresmikan pabrik baru.. ^.^ )..
Dia ‘konsultan’ dan ‘guru’ ku ….
Semoga gak bosan ya Pak Guru,.. Punya murid yg cerewet dan ga mudhengan seperti diriku ini…..
Doy,…
Makasih ya…

Buat Honey,…
Yg sdh merelakan istrinya berkutat di depan komputer seharian kemarin,.. Makasih…..
I Love U….

Nabilah….
I love U, Nak….
Maaf,.. Kemarin Bunda sambi2…

Akhirnya…
Makasih buat semua…
Buat temen2 yg sudah ‘kesasar’ dan mau menoleh sebentar melihat blog ini,… Makasih..
Maaf,.. Isinya blom ada, tolong doain aku biar ga mati ide n’ ga mati gaya untuk terus membuat blog ini ‘berwarna’ n ‘bermakna’…

Makasih…..
Semoga bermanfaat….

Assalammualaikum…… ^.^

Assalammualaikum….

Blog baru nich…

Tempatku berbagi cerita..

Semoga bermanfaat…